10 Tips Agar Pekerjaan Anda Tidak Menjadi Beban

10 Tips Agar Pekerjaan Anda Tidak Menjadi Beban

10 Tips Agar Pekerjaan Anda Tidak Menjadi Beban



ilustrasi pekerjaan banyak

Pekerjaan dipandang sebagai beban oleh sejumlah karyawan. Hal ini diindikasikan oleh sikap menunda-nunda, mengeluh, atau stres menghadapi tenggat waktu (deadline).

Ujung-ujungnya pekerjaan kantor terasa “menyiksa” mereka setiap harinya. Jika Anda dalam kondisi tersebut, beruahlah.

Berikut 10 tips agar pekerjaan Anda tidak menjadi beban.

1. Bersyukur bahwa Anda mendapatkan pekerjaan

Apa yang Anda cari ketika lulus kuliah? Salah satunya adalah mencari pekerjaan.

Nah, karena Anda sekarang sudah menjadi karyawan, bersykurlah Anda mendapatkan pekerjaan karena masih banyak orang yang masih mencari pekerjaan.

Dengan bersyukur, pikiran Anda akan memberikan getaran positif sehingga Anda dapat menghadapai dan mengerjakan pekerjaan dengan nyaman.

Loading...

2. Berdoa sebelum bekerja

Sewaktu kecil kita diajarkan untuk berdoa sebelum melakukan sesuatu, misalnya membaca doa sebelum tidur.

Oleh karena itu, biasakan juga berdoa sebelum Anda bekerja sesuai keyakinan Anda.

Dengan berdoa, Anda memiliki energi positif karena percaya bahwa Tuhan Yang Maha Kuasa akan memudahkan dalam menyelesaikan pekerjaan Anda.

3. Miliki paradigma karyawan

Jika Anda selama ini menganggap Anda sebagai buruh atau pekerja, ganti paradigma tersebut menjadi Anda sebagai karyawan. Dilihat dari artinya, karyawan adalah orang yang berkarya.

Dengan paradigma tersebut, Anda siap berkarya (menyelesaikan pekerjaan) sehingga karya Anda berkontribusi kepada perusahaan.

Semakin banyak Anda menyelesaikan pekerjaan yang menjadi tanggung jawab Anda, semakin besar karya Anda.

Bila sudah demikian, bukan tidak mungkin karya gemilang Anda tersebut membawa Anda ke puncak karier Anda.

4. Lakukan yang terbaik

Semudah atau seberat apa pun pekerjaan Anda, lakukan yang terbaik. Sebagai contoh, Anda diminta laporan penjualan bulan lalu oleh atasan Anda.

Buatlah laporan tersebut dengan menyertakan grafik penjualan harian, perbandingan dengan data penjualan bulan lalu, atau tren penjualan dalam 3 bulan terakhir.

Dengan melakukan yang terbaik, Anda akan mendapatkan respon yang baik juga. Mengapa? Karena Hukum Ketertarikan (law of attraction) bekerja pada Anda.

5. Selesaikan pekerjaan secepat mungkin

Berapa hari yang Anda perlukan untuk menyelesaikan pekerjaan yang sedang membuat Anda stres? Jika memerlukan 3 hari, selesaikan pekerjaan itu dalam satu hari.

Dengan menyelesaikan pekerjaan secepat mungkin, Anda akan terhindar dari sikap menunda-nunda. Selain itu, Anda akan memiliki waktu yang longgar untuk mengerjakan pekerjaan yang lain.

Berikut adalah 2 tips untuk keluar dari sikap menunda-nunda pekerjaan:

a) Jika pekerjaan memerlukan waktu di bawah 2 menit, kerjakan pekerjaan tersebut sekarang juga.

Misalnya, menandatangani dokumen, mencetak formulir, atau menyimpan arsip surat. Kebiasaan baik ini akan menghindarkan Anda tumpukan pekerjaan kecil yang dapat mengganggu konsentrasi Anda.

b) Mulai dengan lima menit pertama. Misalnya, Anda harus membuat laporan pengadaan barang untuk manajemen puncak.

Nah, dalam lima menit pertama, Anda bisa menulis pendahuluan laporan tersebut. Percaya atau tidak, setelah lima menit berlalu, Anda akan terus membuat laporan tersebut.

6. Ingat sasaran karier Anda

Betapa pun beratnya beban pekerjaan Anda akan terasa ringan bila Anda mengingat sasaran karier Anda.

Anggaplah pekerjaan-pekerjaan yang sedang Anda hadapi sekarang sebagai tangga untuk meraih sasaran tersebut atau meningkatkan daya saing Anda.

Semakin baik Anda dalam mengelola dan menyelesaikan pekerjaan tersebut, sasaran Anda akan semakin cepat tergapai.

7. Kerjakan pekerjaan paling sulit terlebih dahulu

Setiap hari kerja Anda tentu mendapat beberapa pekerjaan, baik yang mudah atau yang sulit. Agar tidak menjadi stres, kerjakan terlebih dahulu pekerjaan yang paling sulit.

Mengapa? Karena dengan mengerjakan pekerjaan jenis itu, suasana hati (mood) Anda akan baik.

Dampaknya, Anda akan terus bersemangat menyelesaikan pekerjaan harian Anda.

Pekerjaan sulit saja bisa diselesaikan, apalagi yang mudah? Pertanyaan tersebut mungkin ada di benak Anda sebagai motivasi internal.

8. Ingat keluarga Anda

Ingatlah keluarga Anda ketika Anda malas menyelesaikan pekerjaan Anda. Kaitkan dampak positif atau negatif bila pekerjaan Anda tidak selesai.

Sebagai contoh, kinerja Anda akan dinilai baik di akhir tahun bila Anda mampu menyelesaikan semua pekerjaan yang menjadi tanggung jawab Anda. Kinerja yang baik ini salah satunya akan meningkatkan penghasilan Anda.

Dengan demikian, rencana-rencana finansial keluarga Anda (misalnya membeli kendaraan atau berlibur ke luar negeri) akan terwujud.

Mungkin Anda juga perlu mengingat kembali bahwa tujuan utama bekerja adalah untuk keluarga, bukan begitu?

9. Mencicil pekerjaan besar

Pekerjaan besar atau sulit memang selalu mengintimidasi. Strategi jitunya adalah dengan mencicil pekerjaan tersebut. Misalnya, pekerjaan besar Anda terdiri dari 5 tugas, maka:

  • Tugas 1 diselesaikan hari Senin
  • Tugas 2 diselesaikan hari Selasa
  • Tugas 3 diselesaikan hari Rabu
  • Tugas 4 diselesaikan hari Kamis
  • Tugas 5 diselesaikan hari Jumat

Dengan mencicil pekerjaan tersebut, Anda akan menyadari bahwa tidak ada pekerjaan besar yang sulit jika Anda bertindak. Ya, bertindak menyelesaikannya, bukan mengeluh ke sana-sini.

10. Bekerja dengan ikhlas

Bekerjalah dengan ikhlas sehingga yang Anda lakukan menjadi ibadah bagi Anda. Keikhlasan ini akan membuat Anda terus bersemangat karena getaran positif memenuhi pikiran Anda.

Dengan getaran positif itu Anda akan terus bertindak menyelesaikan pekerjaan Anda. Di sinilah Hukum Ketertarikan bekerja untuk Anda.

Penutup

Semua pekerjaan akan menjadi beban bila tidak dikelola dengan pikiran positif. Pikiran ini akan muncul bila Anda menerapkan satu atau beberapa tips yang telah saya bahas di atas.

Ujung-unjungnya, Anda akan bersemangat karena semua pekerjaan dapat diselesaikan. Selamat mencoba! (Sumber gambar: Minneapolis Institute of Arts)


10 Tips Agar Pekerjaan Anda Tidak Menjadi Beban | Bang Naga | on 28 September 2022 | Rating 4.5
Update:
Akses Situs Ini Lebih Cepat Tanpa Iklan Dengan Menginstall APP Android KARIR.BID pada Smartphonemu. Klik Disini Untuk Menginstall




Demikian 10 Tips Agar Pekerjaan Anda Tidak Menjadi Beban Kami Persembahkan. Semoga 10 Tips Agar Pekerjaan Anda Tidak Menjadi Beban Bermanfaat Untuk anda sekalian.

10 Tips Agar Pekerjaan Anda Tidak Menjadi Beban | Bang Naga | on Pada: Rabu 28 September 2022 | Rating 4.5




Setelah melakukan pendaftaran 10 Tips Agar Pekerjaan Anda Tidak Menjadi Beban sesuai dengan tata cara yang dijelaskan diatas kami sebagai redaksi berharap semoga anda dapat lolos seleksi penerimaan dan pada akhirnya menjadi salah satu pegawai diperusahaan atau instansi yang dimaksud. Tidak ada ucapan dan pembalasan yang kami harapkan dari anda selain bantuan saudara untuk dapat meneruskan informasi lowongan pekerjaan ini via tombol "TWEET" atau "SHARE" yang ada dibawah ini, karena dengan hal sederhana tersebut sekecil informasi yang anda sampaikan atau anda sebarkan dapat menjadi informasi yang tak ternilai harganya bagi orang lain yang sedang membutuhkan pekerjaan yang kebetulan sesuai dengan lowongan kerja diatas ini. Sumber informasi lowongan kerja diatas secara gratis kami peroleh dari sumber yang terpercaya sehingga kami persilahkan bagi anda yang merasa ingin untuk menyalin dan menyebarkan informasi ini, sebagai bentuk rasa terima kasih atas usaha kami ini alangkah baiknya untuk mencantumkan sumber alamat situs ini http://blog.karer.id sebagai bagian dari artikel yang anda buat karena hal tersebut membantu kami untuk terus berkarya menyajikan update lowongan kerja terbaru untuk menjadikan situs ini rujukan nomor satu para pencari kerja di Indonesia Terutama Di Sumatera Utara dan membantu para jobseeker atau pencari kerja menemukan pekerjaan impian mereka.
11 Usaha Ternak yang Menjanjikan dengan Modal Kecil

11 Usaha Ternak yang Menjanjikan dengan Modal Kecil


Karer.ID - 11 Usaha Ternak yang Menjanjikan dengan Modal Kecil: Usaha ternak yang menjanjikan dengan modal kecil? Memangnya ada?  Banyak orang yang mengira bahwa sebuah usaha yang sukses harus dimulai dengan modal luar biasa besar. Padahal kenyataannya tak selalu demikian. Dengan modal yang kecil pun, sebuah usaha bisa merambah ke mana-mana. Contohnya saja Elang Gumilang. Meski saat ini namanya diberitakan di mana-mana sebagai pengusaha sukses, ... Read More →

10 Tips Agar Pekerjaan Anda Tidak Menjadi Beban

10 Tips Agar Pekerjaan Anda Tidak Menjadi Beban


Karer.ID - 10 Tips Agar Pekerjaan Anda Tidak Menjadi Beban: Pekerjaan dipandang sebagai beban oleh sejumlah karyawan. Hal ini diindikasikan oleh sikap menunda-nunda, mengeluh, atau stres menghadapi tenggat waktu (deadline). Ujung-ujungnya pekerjaan kantor terasa “menyiksa” mereka setiap harinya. Jika Anda dalam kondisi tersebut, beruahlah. Berikut 10 tips agar pekerjaan Anda tidak menjadi beban. ... Read More →

10 Pertanyaan yang Sering Ditanyakan Saat Interview dan Jawabannya

10 Pertanyaan yang Sering Ditanyakan Saat Interview dan Jawabannya


Karer.ID - 10 Pertanyaan yang Sering Ditanyakan Saat Interview dan Jawabannya: Sesi interview dalam sebuah proses melamar pekerjaan kerap menjadi tahap yang menakutkan bagi para pencari kerja. Terutama bagi mereka yang masih berstatus fresh graduate. Gugup, tangan berkeringat, dan otak mendadak mampet kerap dirasakan oleh mereka yang akan melakukan sesi interview. Namun sebenarnya, pihak HRD punya daftar pertanyaan mendasar yang selalu ditanyakan saat melakukan interview. Hal ... Read More →

Kata-kata Motivasi Kerja: 70 Kutipan Inspiratif untuk Karyawan

Kata-kata Motivasi Kerja: 70 Kutipan Inspiratif untuk Karyawan


Karer.ID - Kata-kata Motivasi Kerja: 70 Kutipan Inspiratif untuk Karyawan: Percaya atau tidak, motivasi kerja itu penting. Pasalnya, ketika Anda termotivasi, Anda akan enjoy bekerja. Tak peduli seberat apa pun pekerjaan atau tugas Anda di tempat kerja. Sayangnya, yang namanya motivasi itu terkadang turun. Ketika hal itu terjadi, Anda malas berangkat kerja, membuang-buang waktu, atau menunda-nunda pekerjaan. Jadi, apa yang perlu Anda lakukan ketika motivasi ... Read More →

11 Cara Jitu Menghilangkan Kejenuhan dalam Bekerja

11 Cara Jitu Menghilangkan Kejenuhan dalam Bekerja


Karer.ID - 11 Cara Jitu Menghilangkan Kejenuhan dalam Bekerja: Tak bisa dipungkiri, menjalankan pekerjaan yang sama setiap hari seringkali membuat pikiran jenuh. Apalagi jika tugas-tugasnya udah menumpuk, terikat deadline, hingga menyebabkan tak ada waktu bersantai. Duh, rasanya pasti stres! Apabila Anda mengalami hal tersebut, percayalah bahwa semua orang yang bekerja juga merasakan itu. Ya, jenuh dalam bekerja adalah sesuatu yang wajar. Meskipun demikian, Anda ... Read More →

Selengkapnya>>
Selengkapnya>>
Selengkapnya>>