11 Usaha Ternak yang Menjanjikan dengan Modal Kecil

11 Usaha Ternak yang Menjanjikan dengan Modal Kecil

11 Usaha Ternak yang Menjanjikan dengan Modal Kecil



usaha ternak yang menjanjikan

Usaha ternak yang menjanjikan dengan modal kecil? Memangnya ada? 

Banyak orang yang mengira bahwa sebuah usaha yang sukses harus dimulai dengan modal luar biasa besar. Padahal kenyataannya tak selalu demikian. Dengan modal yang kecil pun, sebuah usaha bisa merambah ke mana-mana.

Contohnya saja Elang Gumilang. Meski saat ini namanya diberitakan di mana-mana sebagai pengusaha sukses, dulunya ia hidup dengan berjualan donat saja. Semangat dan kepandaiannya lah yang membuatnya bisa berada di posisinya saat ini.

Begitu juga bila Anda ingin mengembangkan usaha ternak. Bagi banyak orang, beternak adalah kegiatan yang tak menguntungkan.

Padahal dengan strategi yang tepat, sebuah peternakan bebek kecil-kecilan pun bisa berkembang menjadi perusahaan peternakan dengan puluhan bahkan ratusan karyawan.

Karena itulah, jangan cepat berkecil hati. Yuk, mulai saat ini juga membangun usaha ternak. Berikut ini 11 usaha ternak yang menjanjikan dan bisa dimulai dengan modal 1-2 juta rupiah.

1. Ayam

Usaha ternak ayam adalah usaha yang bukan hanya murah namun juga mudah dilakukan. Cukup dengan 1 juta rupiah saja, Anda sudah bisa memulai usaha ini. Dana tersebut pun sudah cukup untuk membeli ayam dalam jumlah yang cukup, kandang, dan pakan.

Loading...

Meski demikian, usaha ini pun bukan tak lepas dari tantangan. Karena sering dianggap terlalu mudah, banyak peternak ayam yang bekerja secara tidak profesional.

Mereka memberikan pakan ayam dari sisa makanannya sendiri. Dan membiarkan saja induk yang buruk mengerami telurnya dengan tidak sukses.

Bila Anda ingin menyeriusi usaha ternak ayam, seyogyanya Anda pun harus profesional. Jangan malah menerapkan strategi beternak ala orang-orang yang sekadar memelihara ayam di belakang rumahnya. Orang-orang tersebut tak pernah mendapatkan keuntungan sebab cara beternaknya memang salah.

Oh iya, jika Anda tertarik ternak ayam petelur dan sedang mencari bibit ayam petelur, silakan lihat di DOC ayam petelur dari Mitra Bibit Ayam.

2.  Bebek dan Entog

Selain ayam, unggas lain yang juga menjanjikan untuk diternakkan dengan modal kecil adalah bebek dan entog. Sama seperti ayam, baik itik ataupun entog bisa dimanfaatkan telur ataupun dagingnya. 

Permintaan pada usaha ini biasanya datang dari pemilik restaurant, supermarket besar, dan pengusaha telur asin. Selain itu, Anda juga bisa bekerja sama dengan para pedagang pasar supaya panen Anda cepat laku.

3. Lele

Usaha ternak lele juga merupakan salah satu usaha ternak yang menjanjikan dengan modal kecil. Coba bandingkan saja harga bibit lele dibanding bibit ikan lainnya. Selain itu, organisme akuatik ini pun dikenal tahan banting.

Lele adalah spesies ikan yang tak perlu perawatan ekstra. Mereka justru menyukai kondisi kolam yang tak begitu bersih. Pembuatan kolamnya juga tak mensyaratkan material tertentu yang harganya mahal. 

Anda bahkan bisa menggunakan terpal yang dijadikan alas untuk area yang sudah digali. Dan voila, Anda pun sudah siap ternak lele.

4. Belut 

Selain lele, ikan lain yang murah dan mudah dirawat adalah belut. Anda bisa memelihara belut di kolam sendiri atau di sawah yang Anda miliki. Panen bisa ditawarkan ke pengusaha belut goreng dan pasar-pasar.

Pangsa pasar untuk ikan ini pun cukup menjanjikan meski tak sebesar lele. Beberapa daerah juga menjadikan belut sebagai makanan oleh-olehnya.

Jadi, Anda bisa memanfaatkan permintaan dari mereka supaya usaha Anda mendapatkan keuntungan yang signifikan.

5. Merpati

Apakah Anda pecinta burung dan ingin berwirausaha dengan membudidayakan burung? Bila iya, coba pertimbangkan untuk beternak merpati. 

Pertama, harga merpati tidak mahal. Kedua, kandang dan pakannya pun cukup terjangkau. Dan ketiga, merpati cukup mudah untuk dipelihara.

Demand atau permintaan atas burung merpati juga cukup tinggi. Anda bisa menjualnya ke para penghobi balapan merpati atau remaja lelaki yang menyenangi burung ini. 

Bagaimana dengan konsumsi? Meski tak banyak, ada warung-warung yang menyediakan menu masakan merpati. Jadi, Anda bisa mencoba pasar tersebut.

6. Lovebird

Contoh lovebird

Lovebird (burung cinta) adalah burung yang sangat indah namun harganya cukup terjangkau. Burung ini juga memiliki banyak penggemar sehingga pasarnya cukup menjanjikan.

Secara umum, perawatan lovebird juga tidak sulit. Ukuran burung yang kecil membuat prospek usaha ternak ini semakin menguntungkan. Sebab Anda tak perlu menyediakan kandang sendiri-sendiri yang akan makan tempat. 

Karena alasan-alasan itulah, ternak lovebird kami masukkan sebagai salah satu usaha ternak yang menjanjikan dengan modal terbatas.

7. Kelinci

Apakah Anda tinggal di daerah pegunungan? Apakah lahan di sekitar tempat tinggal Anda masih cukup luas? Bila iya, kenapa Anda tidak mencoba beternak kelinci saja?

Kelinci bisa dijual sebagai hewan peliharaan ataupun sebagai daging konsumsi. Selain itu, peternakan kelinci juga bisa dibuka untuk dikunjungi turis. Misalnya saja bila Anda tinggal di Bandung. 

Anda bisa membuka paket tour wisata ke peternakan kelinci Anda. Selain bisa membuat nama usaha Anda makin populer, pengunjung yang masih kanak-kanak dan remaja akan tertarik membeli kelinci-kelinci Anda.

8. Cacing

Siapa sangka bahwa cacing pun bisa diternakkan? Nyatanya kebutuhan akan cacing memang meningkat. Apalagi di daerah urban.

Cacing dicari untuk pakan burung hingga ikan. Para pemancing umumnya juga membutuhkan hewan ini sebagai umpan mereka. Bahkan beberapa tukang obat pun mencari cacing sebagai bahan penyembuh maag.

Modal usaha cacing sendiri jelas tidak besar. Anakannya bahkan bisa Anda dapatkan secara gratis bila Anda tinggal di pedesaan. Anda tinggal mencari jenis cacing yang banyak dicari. Setelah itu, Anda tinggal meletakkannya di tempat yang berlumpur sambil memberikan pakan secara rutin.

9. Ikan Hias

Populernya ikan cupang beberapa waktu terakhir membuat banyak orang tertarik untuk membudidayakan ikan tersebut. Dan ya, secara umum, meski ada yang harganya teramat mahal, namun banyak juga ikan cupang yang cukup terjangkau. 

Selain cupang, Anda juga bisa membudidayakan ikan manfish, molly, lemon, hingga discuss. Per satu ikan tersebut bisa Anda peroleh mulai dari Rp. 2.000,- hingga Rp. 5.000,- saja. Perawatannya juga cukup standar meski Anda harus telaten. 

Atas alasan-alasan itulah ternak ikan hias tergolong sebagai salah satu usaha ternak yang menjanjikan dengan modal kecil.

10. Kroto

Kroto merupakan salah satu hasil ternak yang peminatnya tak pernah sepi. Sebab serangga ini banyak dicari para penghobi burung. Selama ini, mereka mendapatkan kroto dari orang-orang yang secara khusus mencari kroto dari satu pohon ke pohon lainnya.

Coba bayangkan, bila Anda tak menerapkan metode itu, namun membudidayakan serangga ini. Anda bisa menjualnya dalam jumlah besar untuk supply ke berbagai toko pakan ternak. Keuntungan yang bisa Anda nikmati pun jauh dari kata sedikit. 

11. Jangkrik

Dulu, jangkrik mungkin hanya dikenal sebagai serangga yang suka menimbulkan bunyi-bunyian menjelang malam. Namun saat ini, jangkrik bisa dijadikan komoditas yang menguntungkan.

Pasalnya, jangkrik sebagaimana kroto bisa dijadikan pakan burung. Serangga ini pun bisa dijadikan umpan para pemancing.

Jangkrik juga merupakan sumber protein yang sangat kaya. Tak mengherankan, di beberapa daerah jangkrik dijadikan makanan penduduk lokal. 

Bila Anda tinggal di daerah-daerah tersebut, supply jangkrik yang teratur tentu diperlukan untuk mendukung penjualan mereka. Jadi, jangan ragu bila Anda memang berminat membudidayakan jangkrik.

Penutup

Banyak pengusaha yang cukup beruntung karena dilahirkan dari keluarga kaya. Mereka dengan mudah mendapatkan dukungan modal dari orangtuanya. Namun kita yang harus memulai segalanya sendiri jangan lantas berkecil hati.

Kita bisa lho memulai usaha sendiri dalam skala kecil-kecilan. Misalnya saja dengan menerapkan 1 dari 11 usaha ternak yang menjanjikan di atas. Asalkan kita pandai menerapkan strategi yang tepat, maka sedikit-sedikit, usaha kita pasti akan semakin besar.


11 Usaha Ternak yang Menjanjikan dengan Modal Kecil | Bang Naga | on 28 September 2022 | Rating 4.5
Update:
Akses Situs Ini Lebih Cepat Tanpa Iklan Dengan Menginstall APP Android KARIR.BID pada Smartphonemu. Klik Disini Untuk Menginstall




Demikian 11 Usaha Ternak yang Menjanjikan dengan Modal Kecil Kami Persembahkan. Semoga 11 Usaha Ternak yang Menjanjikan dengan Modal Kecil Bermanfaat Untuk anda sekalian.

11 Usaha Ternak yang Menjanjikan dengan Modal Kecil | Bang Naga | on Pada: Rabu 28 September 2022 | Rating 4.5




Setelah melakukan pendaftaran 11 Usaha Ternak yang Menjanjikan dengan Modal Kecil sesuai dengan tata cara yang dijelaskan diatas kami sebagai redaksi berharap semoga anda dapat lolos seleksi penerimaan dan pada akhirnya menjadi salah satu pegawai diperusahaan atau instansi yang dimaksud. Tidak ada ucapan dan pembalasan yang kami harapkan dari anda selain bantuan saudara untuk dapat meneruskan informasi lowongan pekerjaan ini via tombol "TWEET" atau "SHARE" yang ada dibawah ini, karena dengan hal sederhana tersebut sekecil informasi yang anda sampaikan atau anda sebarkan dapat menjadi informasi yang tak ternilai harganya bagi orang lain yang sedang membutuhkan pekerjaan yang kebetulan sesuai dengan lowongan kerja diatas ini. Sumber informasi lowongan kerja diatas secara gratis kami peroleh dari sumber yang terpercaya sehingga kami persilahkan bagi anda yang merasa ingin untuk menyalin dan menyebarkan informasi ini, sebagai bentuk rasa terima kasih atas usaha kami ini alangkah baiknya untuk mencantumkan sumber alamat situs ini http://blog.karer.id sebagai bagian dari artikel yang anda buat karena hal tersebut membantu kami untuk terus berkarya menyajikan update lowongan kerja terbaru untuk menjadikan situs ini rujukan nomor satu para pencari kerja di Indonesia Terutama Di Sumatera Utara dan membantu para jobseeker atau pencari kerja menemukan pekerjaan impian mereka.
11 Usaha Ternak yang Menjanjikan dengan Modal Kecil

11 Usaha Ternak yang Menjanjikan dengan Modal Kecil


Karer.ID - 11 Usaha Ternak yang Menjanjikan dengan Modal Kecil: Usaha ternak yang menjanjikan dengan modal kecil? Memangnya ada?  Banyak orang yang mengira bahwa sebuah usaha yang sukses harus dimulai dengan modal luar biasa besar. Padahal kenyataannya tak selalu demikian. Dengan modal yang kecil pun, sebuah usaha bisa merambah ke mana-mana. Contohnya saja Elang Gumilang. Meski saat ini namanya diberitakan di mana-mana sebagai pengusaha sukses, ... Read More →

10 Tips Agar Pekerjaan Anda Tidak Menjadi Beban

10 Tips Agar Pekerjaan Anda Tidak Menjadi Beban


Karer.ID - 10 Tips Agar Pekerjaan Anda Tidak Menjadi Beban: Pekerjaan dipandang sebagai beban oleh sejumlah karyawan. Hal ini diindikasikan oleh sikap menunda-nunda, mengeluh, atau stres menghadapi tenggat waktu (deadline). Ujung-ujungnya pekerjaan kantor terasa “menyiksa” mereka setiap harinya. Jika Anda dalam kondisi tersebut, beruahlah. Berikut 10 tips agar pekerjaan Anda tidak menjadi beban. ... Read More →

10 Pertanyaan yang Sering Ditanyakan Saat Interview dan Jawabannya

10 Pertanyaan yang Sering Ditanyakan Saat Interview dan Jawabannya


Karer.ID - 10 Pertanyaan yang Sering Ditanyakan Saat Interview dan Jawabannya: Sesi interview dalam sebuah proses melamar pekerjaan kerap menjadi tahap yang menakutkan bagi para pencari kerja. Terutama bagi mereka yang masih berstatus fresh graduate. Gugup, tangan berkeringat, dan otak mendadak mampet kerap dirasakan oleh mereka yang akan melakukan sesi interview. Namun sebenarnya, pihak HRD punya daftar pertanyaan mendasar yang selalu ditanyakan saat melakukan interview. Hal ... Read More →

Kata-kata Motivasi Kerja: 70 Kutipan Inspiratif untuk Karyawan

Kata-kata Motivasi Kerja: 70 Kutipan Inspiratif untuk Karyawan


Karer.ID - Kata-kata Motivasi Kerja: 70 Kutipan Inspiratif untuk Karyawan: Percaya atau tidak, motivasi kerja itu penting. Pasalnya, ketika Anda termotivasi, Anda akan enjoy bekerja. Tak peduli seberat apa pun pekerjaan atau tugas Anda di tempat kerja. Sayangnya, yang namanya motivasi itu terkadang turun. Ketika hal itu terjadi, Anda malas berangkat kerja, membuang-buang waktu, atau menunda-nunda pekerjaan. Jadi, apa yang perlu Anda lakukan ketika motivasi ... Read More →

11 Cara Jitu Menghilangkan Kejenuhan dalam Bekerja

11 Cara Jitu Menghilangkan Kejenuhan dalam Bekerja


Karer.ID - 11 Cara Jitu Menghilangkan Kejenuhan dalam Bekerja: Tak bisa dipungkiri, menjalankan pekerjaan yang sama setiap hari seringkali membuat pikiran jenuh. Apalagi jika tugas-tugasnya udah menumpuk, terikat deadline, hingga menyebabkan tak ada waktu bersantai. Duh, rasanya pasti stres! Apabila Anda mengalami hal tersebut, percayalah bahwa semua orang yang bekerja juga merasakan itu. Ya, jenuh dalam bekerja adalah sesuatu yang wajar. Meskipun demikian, Anda ... Read More →

Selengkapnya>>
Selengkapnya>>
Selengkapnya>>